Home » , » Kenapa dlc bisa segila sekarang? sejarah dan peranan dlc dalam industry game

Kenapa dlc bisa segila sekarang? sejarah dan peranan dlc dalam industry game

DLC JAMAN SEKARANG GAYANYA KAYA PANTAT


Oke kali ini gw bakal tentang paid DLC atau downloadable content yang berbayar, sebenarnya bahasan gw kali ini ada hubungannya dengan bahasan gw sebelumnya tentang pre-order, kalian bisa baca artikel pre-order gw di Apa itu pre-order



Oke dlc ini gw bahas dari awal/sejarah dari dlc itu sendiri, dan pengertian yang semakin lama semakin lama berubah, dlc sendiri terbagi menjadi 2, ada dlc dan paid dlc, dan dlc yang memang artian harfiahnya adalah content yang bisa di download. Tapi topik ini ngebahas dlc yang paid/dibayar, sebelum masuk topik pembahasan, kita lari dulu ke jaman dulu, jaman disaat gw masih bocah, dan internet masih make modem (50sixmodem) yang bentuknnya kayak gini.



Gw gak tahu berapa banyak dari kalian yang tahu, kalau dulu internet tuh make modem yang dihubungkan ke koneksi telepon, jadi kalau dulu kalau lu make internet, telepon tuh gak bisa dipake, jadi kalian bisa pahami bahwa koneksi internet yang make telepon itu pasti banyak masalahnya, terutama kalau kalian angkat teleponnya pas konek internet, koneksi internet kalian tuh bakal mati.

Kembali ke topik, jadi konten konten seperti paid dlc ini sebenarnya jaman dulu dikenal sebagai suatu expansion, seperti ya, bukan dlc itu expansion, tapi seperti, karena jaman dulu sulit banget dapet koneksi internet, dan developer selalu memberikan suatu update, mereka harus mengeluarkannya dalam format cd, yang dijual pada semua gamer. Jaman dulu expansion itu ukurannya sangat besar, bahkan penambahan kontennya seakan seperti perpanjanggan dari game yang baru secara total. Seperti adanya ras baru di game strategi, camp baru, dengan mechanic yang baru dan sebagainya. Jadi kalo kita omongin expansion itu, ukuran expansion itu bisa sama ukurannya sama game aslinya, contohnya itu kaya starcraft jaman dulu yang starcraft pertama keluar expansionnya starcraft brood war.



 Yang meledak dan jadi pelopor explor terbesar didunia. Expansion itu dijaman dulu kaya game sequel atau benar-benar seperti kata harfiah expansi, jadi kalo secara harfiah itu, dlc ada saat internet itu udah menyebar dan bisa diakses dengan mudah, tapi topik kita kali ini bukan tentang penjelas dlc/pengertian dlc secara harfiah, tapi pengertian bisnisnya dan perannya di industry game ini.

Garis antara paid dlc dan expansion itu sebenarnya sangat jelas. Expansion itu jauh lebih subtansial kita ngomonggin suatu tambahan yang sangat besar, sehingga memakan waktu para developer untuk menciptakkanya ,sedangkan dlc cenderung suatu tambahan konten yang sangat simple , seperti dari segi kosmetik, seperti topi, armor tambahan, kendaraan dan lain-lain yang bersifat kosmetik dan tidak menambahkan suatu bentuk campaign atau mechanic baru , ataupun segi kosmetiknnya hanya suatu reskin/skin ulang dari senjata yang udah ada/armor yang udah ada. Dan sebagainya,



Jadi jaman dulu developer itu gak bisa , maen asal ngeluarrin dlc kosmetik yang seperti sekarang, karena secara ekonomi itu gk masuk akal banget, siapa yang mau beli cd baru dengan isinya gak penting, yang isinya kosmetik doang ?, dan kita harus ke toko, pergi , hanya buat dapettin hal itu, harga yang mereka berikan juga gak bisa sembaranggan mereka gak bisa memberikan harga yang sangat murah, karena ada proses pencetakkan cd, printing, casing, sampe proses distribusi apa yang ingin mereka jual, jadi untuk lebih masuk akal, dan ngambil minat gamer, mereka harus menciptakan sesuatu yang lebih masuk akal, dan mau dibeli oleh kita para game, nah apasih yang dibeli para gamer?, seperti yang gw jelasin tadi EXPANSI, sesuatu yang memberikan gameplay yang baru mechanic yang baru agar kita semua tertarik, bukan hanya sekedar reskin dengan kita harus ngeluarrin uang yang cukup besar untuk mendapatkannya.



Setelah internet mulai tersebar, dan aksesnya semakin mudah, kalian bisa lihat perlahan, mulai muncul dlc yang sifatnya tuh kecil-kecil terlebih dahulu , expansion yang diubah menjadi dlc, seperti di game-game the sims, Cuma nambar furniture, tv set, atau keramik dan wallpaper dan seterusnya, walaupun  memang ada dari the sims yang menambahkan gameplay baru, cuman itu porsinya sangat sedikit. Dibandingkan jumlah yang mereka keluarkan hanya dengan item-item yang bisa kalian masukkan di gameplay kalian.

Dari sini  kalian bisa lihat, akan adanya tren semakin kenceng, aksen internet semakin tinggi, semakin tinggipun dlc yang ada, jadi intinya adalah distribusi, dengan internet/steam distribusi menjadi sangat mudah untuk developer, memberikan suatu tambahan bagi para gamer, dan itu artinya apa? Ya benar sekali. DUIT . Siapa yang gak suka duit?/siapa yang suka banget sama duit? . EA

.  

Nah, inilah adalah grafik milik EA, seperti yang bisa kalian disini. Ada full game download, dan extra content, itu aja 2 yang perlu kalian pahami, full game download adalah game yang sudah full rilis, yang bisa mereka jual, dan extra content , itu adalah dlc, kalian bisa lihat disini perkembanggannya, dan pendapatan yang mereka dapatkan, untuk gamenya sendiri, mereka mayoritas mendapatkan 22% dan 36%, tapi kalian bisa lihat untuk extra content/dlc yang mereka jual, pendapatan mereka itu 47 dan 24%, itu gila banget, dan kalian bisa lihat disini, full game dengan dlc yang mereka jual , pendapattanya lebih gede , dengan pendapatan mereka dari dlc,

Nah kalian bisa lihat, pendapatan dlc ini gede banget, sampe melebihi pendapatan game aslinya, jadi kalian paham kan sekarang?, bahwa dlc itu creative banget , bisnis yang membayar banget. Ngasilin duit banget, jadi kalau kalian bingung kenapa developer ngeluarin dlc mulu. Ya itu karena EA dan dibangun oleh EA , tapi gak semua developer itu rese dengan dlc, yang gw maksud rese adalah, ya seperti ini. Dulu kondisinya tuh yang ada di gambar ini.



Dulu tuh original game tuh, udah jelas banget, terus keluar expansion pack, yang pelengkap, dan memberikan rasa baru untuk pengalaman kalian, mendapatkan gameplay baru, ras baru, expansion pack yang sangat luas, memberikan kalian itu, seakan-akan adanya suatu game baru dengan universe yang ada di game aslinya, nah kondisi dlc yang ada sekarang SEPERTI INI…..

Original gamenya kaya gembel, untuk dapet full versionnya kudu beli dlc segala, yang ujung-ujungnya disuruh ngapain guys?, ya, tebak, bener, kalian disuruh beli session pass, god dammit. Kurang analogi lagi?, atau contoh lagi?, nih gua kasih dlc yang gayanya kayak pantat,



Nih perkembangan dlc yang akan gw gambarkan kepada kalian, jadi semakin lama itu semakin ancur, jadi yang semakin apes siapa?, ya, kita para gamer, gw gak mau nyebut-nyebut nama-nama developer lainnya, tapi yang gede-gede itu, bodo amat, gw gak peduli, kaya ubisoft/ea yang kelakuan ngeluarrin kaya gini, bahkan edios aja ngeluarin kayak gini, seharusnya kalian udah tahu lah, yang kaya gini siapa-siapa saja. Tapi gk semua dlc itu buruk, gw ambil contoh, game favorit gw.



The witcher lll. Ada banyak dlcnya yang gratis, mulai dari segi kosmetik, quest tambahan. Itu semuanya tuh mereka kasih dengan gratis. Terus ngeluarin paid dlc yaitu, heart of stone dan blood and wine, keduannya tuh berbayar.tapi buat gw pribadi gak masalah sama sekali, kenapa?, karena 1 dlc aja bisa kalian dapatkan gameplay 40-50 jam, bayangin dlc mereka aja nyaiingin gameplay dari full release suatu game, bahkan beberapa full release game, banyak yang jauh lebih rendah, gameplay timenya, dibandingkan dlc the witcher lll,

Jadi gak semua dlc itu buruk dalam system penjualan gamenya, jadi gua harap kalian itu gak memukul rata, hal-hal tersebut yang apa ya?, yang developer-developer itu mengeluarkan suatu dlc, karna tidak semua developer itu mencari uang, dengan cara curang, dalam menjual dlc, yang gw ingatkan lagi, dlc itu sebenarnya upaya untuk menghidupkan developer, yang asetnya bisa dibangun, selagi membangun game selanjutnya/proyek lain, jadi secara perspektif bisnis, kadang mereka memerlukan hal ini untuk menambah pendapatan mereka, itu juga, gw gak bisa salahkan, jadi, selalu ada 2 sisi dalam suatu keputusan bisnis, kecuali yang rese-rese ngeluarin dlcnnya,

Jadi pada dasarnya, yang bisa menilai apakah dlc itu worth / kagak,itu adalah kalian sendiri , apakah kalian mencintai gamenya, dan ingin mendukung developernya atau tidak. Tapi, yang harus kalian pahami, adalah secara keseluruhan, apakah dlc itu seharusnya sudah menjadi 1 dengan gamenya, dan seakan merugikan jika kalian tidak membeli dlc, itu keputusan yang kalian buat sebagai gamer, harus pinter-pinter dalam memilih, Karena apapun yang kalian lakukan , industry ini tuh sedang bertumbuh, dan industry ini selalu bervolusi, dan selalu mengikuti dengan permintaan/perubahan-perubahan teknologi, jadi kita sebagai gamer dan konsumen itulah yang memiliki peran, kemana industry ini akan berlanjut, votelah dengan dompet kalian, karena dompet kalian yang berbicara paling keras kepada developer/publisher, jadi sekian dari gua. Dan jangan lupa boomark, karena gw bakal update artikel kalo lagi mood dan kalo lagi ada ide,


1 comments: