Home » , » Review metal gear survive indonesia, game cacat konami..

Review metal gear survive indonesia, game cacat konami..



Oke disini gw akan mereview metal gear survive yang ditampilkan  oleh konami di tgs atau Tokyo game show 2016 kemarin, disini gw akan ngebahas sedikit detail dari game ini, dimana gw belum bisa ngereview full gamenya karena masih versi demo. Tentunya bakal banyak perubahan setelah mendapatkan feedback, dimana dislikenya juga banyak. Gw juga Cuma ngeliat video pas demonya keluar, yang dimainkan orang jepang , jadi gw gak bisa review penuh, karena belum main gamenya.



Jadi kita kembali ke topik, map disini gak beda/sama dengan map di metal gear solid phantom, jadi memang map ini hanya dirilis oleh game ini, metal gear, untuk membuat versi zombienya, jadi kalo kalian belum tahu ini metal gear survive ini mengambil setting apa, jadi metal gear survive ini ngambil setting sebelum phantom pain, jadi plot/jalan cerita metal gear survive ini adalah meniadakan metal gear phantom pain, jadi disini phantom pain itu gak ada.

Nah kita kembali ngomonggin map, jadi disini map sama semua, secara layout, secara grafik, itu semuanya sama, gak ada yang beda dengan di phantom pain, jadi kalo kalian ngarepin ada map baru, gak akan ada yang baru, karna mapnya juga menggunakan map phantom pain, seperti yang konami katakan.




Nah kita lari ngomonggin musuh, sekarang kita lihat musuh, dan mereka disebut zombie, dimana gw berharap mereka gak disebut zombie, sebenarnya gw berharap ada originalitaslah dalam penamaan mereka, oke nama mereka zombie, gak masalah,

Kalian yang pernah last of us pasti tahu, mereka mirip “clicker”, cuman disini kepala mereka gak ada/”Headless”, dan disini indicator zombie ini mati atau kagak adalah indicator di belakang leher mereka, yang bentuknya seperti Kristal, dan kalau kita “backstab” mereka akan langsung mati, karena itu memang titik terlemah mereka,

Dan kalau kita lihat zombie-zombie naik keatas, karena memang zombie-zombie ini bisa dipake untuk ngecraft, jadi gw juga belum tahu secara rinci kegunaan mereka, karena Bahasa jepang juga, kemarin mereka gak ngejelasin kegunaan zombie ini. Jadi memang si pemain “jepang” ini gak ngejelasin zombie-zombie ini bisa dipakai untuk apa. Tapi yang pasti salah satu elemen yang penting, jadi kita harus juga mengumpulakan zombie-zombie ini, untuk kita jemput dengan “wormhole”, jadi keterbalikkannya, kalo di phantom pain dijemput dengan parasut kan? Kalo disini masuk ke portal



Kita masuk ke model gathering resource juga, jadi semua yang kita lihat disini bisa kita kumpullin, seperti ban, kaleng, botol , jerigen itu bisa kumpullin yang berguna buat ngebangun barikade saat kita defense, jadi game ini ada 2 fase, ada yang namanya “inflitiration face”, ada yang namanya “defensive face.

Jadi disini kita mencoba sneak, mencoba secara diam-diam masuk ke base, dimana disana itu ada titik portalnya, jadi disana kita akan ngepasang transmisi untuk ngebuka portal , supaya mereka bisa kembali ke dunia nyata, dengan cara memasang transmisi di suatu titik. Dan metal gear survive ini ada mode co-opnya. Jadi kita bisa bermain dengan 4 orang,



dimana disini characternya memiliki kelas yang berbeda-beda. Juga memiliki senjata yang berbeda-beda, ada yang make heavy shotgun, melee, dan spear. Juga disini character kita bisa terluka juga, jadi ini gunanya barang yang kita kumpulkan tadi untuk ngebuat “heal”, dan crafting disini elemen terpenting untuk ngebangun medical segalam macem, jadi kalo liat ini gw kayak ngeliat game alien invasion, farcry itu semua butuh crafting seperti ini, dimana sebuah refreshinglah dalam metal gear serie.




Dan disini ada “bait”, bisa dibilang cara untuk menarik perhatian zombie ini, disana ada kambing jadi kambing ini jadi semacam bait. Dimana gua gak gak ngelihat ada kecerdasan dalam zombie ini, goblok banget zombienya, antara buta apa bego gitu kan?, jadi tingkat kesulitan zombie ini sangat-sangat minim menurut gua.

Dan disini kita bisa lihat kambing ini menjadi umpan untuk para zombienya dengan suara kambing yang mbek, mbek , itu. Disini kita bisa lihat characternya punya powerful weapon kaya Molotov. Dimana gua rasa semua bisa mati kali, dengan Molotov ini. karena dengan Molotov ini semua zombie bisa modar,




Sebenarnya kalau mau buat refreshing, seharusnya tingkat kesulitan zombienya ditingkatkan, seharusnya zombienya pas dimolotov gak langsung mati, harusnya, itu lebih seru tuh, karena zombie gak mati kebakar juga, abis dibakar juga biasanya hidup lagi, SEHARUSNYA, karena kan system sarafnya mati. Harusnya ditembak-tembak palanya baru mati.



Disini kita akan mulai masuk base, dimana ini titik temu transmisinya. Biru-biru itu adalah titik objektifnya. Dimana kita harus ngepasang transmisi dibawah itu untuk ngebuat portal, saat ngebangun transmisinya ini, gua masih gak ngerti kenapa konami gak ngasih “Time/waktu” sampe kapan transmisinya kapan selesai, konami gak ngasih kita itu, jadi kita benar-benar buta akan apa yang sedang dilakukan transmisi itu.



Selain itu disini selain masang transmisi ada “Drop” atau box-box yang jatuh dari langit. Jadi harus ada 1 orang/2 orang yang dateng kesitu untuk ngambil, karena box itu bisa/ngebuat/craft defensive-defensive part, kaya pagar, machine gun, dan lain-lain dan Cuma bisa dicraft dengan item-item di box itu.





Dan disini ada indicator kuning, indicator kuning ini kayaknya seperti tingat damage senjatanya, semacam medium attack gitu, dan menurut gw zombienya gampang banget matinya, dan disini kalau kalian ngecraft defensive part seperti pager dan lain-lain, kalian harus ke meja crafting, kalo Cuma medical/ammo itu gak butuh meja craft. Dan disini kita bisa ngebangun barikade, dan disini barikade ada 2 macam, ada yang harmfull dan harmless, jadi ada yang bisa melukai ada yang Cuma ngalangin jalan zombienya/kagak melukai zombienya. Tentunya yang bisa melukai lebih memakan banyak memakan material.



Disini kita bisa lihat, kita bisa ngebuat pagar yang harmless, jadi kita bisa nyerang zombienya dari belakang, dan disini kita bisa lihat kalau zombienya realy-realy stupid. Karena mereka gak bisa melompati pagar atau melakukan sesuatu yang lain. Padahal desain mereka terbilang gak kayak zombie zombie kayak di resident evil, disini lebih modern, apalagi kepalanya Kristal gitu kan?, masa lebih bego daripada zombie biasa kayak di resident evil.

Kalo gw bisa ngomong tentan metal gear sedikit, metal gear solid itu adalah game yang berbasiskan untuk menyampaikan pesan-pesan politik, dan dengan adanya serie ini/plot twist ini, secara gak langsung udah ngebunuh franchise ini. Franchise ini sudah mengecewakan banyak fansnya. Dimana metal gear solid ini punya fanbase yang besar banget, karena ini game ini udah ada dari ps1, dan yang ngehancurin franchise ini hina banget. Dan konami udah hina banget, dengan ngehancurin franchisenya sendiri.



Seharusnya daripada mereka sibuk-sibuk ngebuat versi zombienya, mending bikin versi dlc dan lain-lain untuk metal gear phantom pain menurut gua. Dan kembali ke review, disini kita bisa lihat zombienya bego banget ya? Karena mereka maen langsung lari ke transmisi dan bukan ke character, dimana emang transmisi sangat penting disini Karena kalau hancur kita failed.

Tapi seengaknya zombinya nyerang characternya juga lah.zombie kan emang dimana-mana nyerang manusia buat dimakan otaknya, masa ini malah mau nyerang dan makan transmisinya. Dimana emang kalo transmisi ancur emang failed. Tapi seharusnya menurut gw dua-duanya juga penting, transmisinya ancur failed, characternya mati juga failed. dan karena kalau orangnya mati failed seharusnya zombienya nyerang orangnya juga. Gimana bisa failed kalo zombienya gak pernah nyerang orangnya. Jadi menurut gw, aduh gak penting banget. mereka ngebikin mechanis gameplay gua gak ngerti. Maksudnya esensi pemikirannya/basic instingnya gw gak ngerti , mereka bangun pake apa.





Kita lari lagi ke review disini mereka ngebangun machine gun. Yang mereka kumpullin dari material dari dropbox tadi. Dan bisa mereka gunakan, dimana ini deadly machine gun, kita bisa lihat mati semua ditembakkin, 3-shot lah mati. Udah zombienya goblok-goblok, dikasih senjatanya kuat-kuat gitu.

Si pemain yang mainin dih demo bodoh banget mainnya, menurut gua ,karena mereka berusaha nunjukkin kalo susah banget nih zombie, padahal kalo lu bisa lihat, dengan mata waras/kepala waras?, gampang banget nih zombie.

Kalo lu mau bandingin sama left4dead, dead island, dead rising, itu udah sulit-sulit banget zombienya, apalagi dyinglight itu sulit banget, zombienya, dan itu elemen paling penting, karena itu game zombie, jadi zombienya dibikin sulit. Dan zombie ini gampang banget dikalahin, gampang banget.





Mereka dengan mudahnya menghancurkan barikade, karena emang orang-orang ini, yang maenin demo ini, sengaja pengen fansnya ancur, gitu, mereka lama-lamain nembaknya buat apa coba? , gua tahu mereka mencoba nunjukkin elemen-elemen pas zombienya breakout, tapi seharusnya mereka nunjukkinnya dengan cara yang lebih baik gitu. Dengan cara zombienya emang susah dibunuh,gitu, atau susah matinya..,

Itu yang harus dibuat oleh mereka, untuk memperlihatkan intens dari gameplaynya, tapi dengan cara ini, mereka sebenarnya udah matiin intens dari gameplay, gua sama sekali gak merasa takut ngeliat video demo ini. Gua lebih baik maenin left4dead dengan grafik lumayan jadul, tapi punya gameplay zombie, ya, kalo lu maenin game zombie, mendingan maenin game kayak gitu, ini gw gak ngerti, ini bias banget, ini mau maen game zombie, apa stealth gw gak ngerti. Kalo last of us jelas, mereka punya mechanisme gameplay yang berbeda jauh, clickernya sensitive banget ama suara, tapi kalo kalian lihat,




Tuh lihat? Zombienya lari semua ke transmisinya, harusnya mereka, ini, bisa nembak-nembakkin aja langsung, tapi mereka malah kabur, buat apa coba? Karena takut? Kenapa? toh, zombienya gak nyerang mereka, senjata mereka perih-perih semua, tapi mereka malah kabur, dan ngebiarin transmisinya ancur, yang gua gak ngerti tujuannya apa, ngedemo ini, karena dengan maenin demo ini juga, udah ngegagallin banget ni game.



Barusan adalah short review gua tentang metal gear survive, gw jelas akan ngeriew lagi kalau udah full release nanti 2018, dan kojima pun udah memberikan “bacotan-bacotannya” tentang game ini, dan kojima sebenarnya sangat-sangat pengen ketawa ngeliat ni game.
Kalau kalian masih kurang jelas tentang reviewnya, bisa kalian cari videonya di youtube.

0 comments:

Post a Comment